Rabu, 12 November 2008

Ketua Komunitas Sorlem


Mengenal Bontot Sukandar Ketua Sorlem

MENGENAl Bontot Sukandar, sama artinya mengenal gelombang lautan yang tak pernah berhenti membuncah-buncah dengan riak yang ada. Bontot, demikian sapaan akrabnya itu, barangkali selama hidupnya dia abdikan untuk dunia kesenia. Ia terlibat dalam urusan kesenian sejak masih sekolah di SMEA Pius Kota Tegal di Teater Puber pimpinan Nurhidayat Poso. Menulis dan berteater adalah 'nafas hidup berkeseniannya' yang tak pernah pupus dalam situasi kere maupun berke
cukupan. Ia memandang hidup dengan penuh estetika yang pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi siapapun yang ingin menerjuni dunia ke senian. Bontot menulis puisi, bukan untuk menjadi penyair tapi hidup dengan berpuisi akan memberikan nilai positif karena di dalam nafas puisi dia menemukan pergulatan kehidupannya yang sesungguhnya.
"Puisi bukan apa-apa tapi puisi membuat hidupku serasa mengenal dunia di luar batas diriku sendiri," ujar Bontot yang kini mendapat gelar dari kawan-kawan seniman di Kota Tegal sebagai 'Sunan Kalimati' karena saben hari dia menjadi penunggu di lokasi warung pinggir Sorlem (Ngingsor Pelem) di dekat bendungan sungai Kalimati, Kota Tegal.
Dari seringnya dia memanfaatkan tempat pinggir sungai itu, ia bersama kawan-kawan seniman Tegal membentuk Komunita Seniman Sorlem. Oleh kawan-kawannya Bontot ditunjuk sebagai ketua. Beberapa even yang pernah dia kemas adalah melukis di atas bendungan Kalimati. Menggelar berbagai diskusi sastra dan pementasan. Bontot pun mendirikan juga komunitas ANGSA BIRU bersama penyair wanita Ida Fitri. Komunitas yang bergerak dalam agenda pembacaan puisi itu, juga banyak melakukan even pembacaan puisi Tegalan di berbagai tempat dan kampung demi kampung di wilayah Tegal.
'Sunan Kalimati' yang pernah menjadi wartawan POS FILM dan Tabloid TEGAL TEGAL itu, merasa perlu hari-harinya diisi dengan berkesenian karena di dalam kesenian itu, dia menemukan dirinya dan mengenal dunia lain (LS)

1 komentar:

Denmas Setia Wenas mengatakan...

Pak Boleh tau kontak person Bapak,

apabila berkenan boleh kontak kesaya
085229874979

atau email ke
denmassetia@gmail.com


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Free PDF Files