Minggu, 04 Januari 2009

puisi Nien Asmara

Pagi yang buruk
; sebuah salam dari sederetan mitios


semenjak itu aku enggan bermain denganmu
kutekuk janjiku saat senyap sayup-sayup
dan suara perempuan mulai gaduh bermain di dapur

haylaaa...selamat pagi keburukan
semalam aku sudah mimpi tentang pagi ini
usai sarapan matang aku akan belajar jadi batu


Danau

aku nelayan itu
aku tak mau menjadi dermaga
tempat bersandar saja
aku mau menangkapmu di gelombang itu
aku mau lepas dari pasang surut
aku mau menyimpanmu
di danauku - bukan di laut lagi
sebab danauku - tempat aman untukmu


Nasib

pergi ke kebun yang apes
menggandeng anak yang kena
typus
-nervousz-
uang di kantong telah ludes
hanya cukup untuk rames....


Saat perempuan sakit hati

tak ada yang lebih hebat
selain perempuan
yang sedang sakit hati
sampai-sampai rasa menjadi zombie
dan hanya mampu
membalikkan kepala
ke lantai
di kala sepi
dalam kamar
yang mungkin sudah
tak berarti


Dinamai perempuan

kata orang
perempuan terlahir dari darah pengatur yang kental
walaupun pikir dan hati menolak, namun mesti bagaimana lagi?
kau harus, wajib, bahkan dengan sedikit memaksa "menerima"
tinggal di bawah ketiak ibumu, duduk dalam cengkraman bapakmu, menangis dalam pengap
bantal kapuk, berabu dalam dapur, tertindih lelaki tak dikenal, hingga bosan mematut diri di depan cermin
tak ada ruang tersisa untukmu
halaaaaah;....tak usahlah menipu diri
potong saja lengan ibumu agar kau tak perlu lagi mencium aroma tubuhnya yang lembab
hancurkan saja lengan bapakmu biar sakitmu hilang
sobek-sobek saja bantalmu, toh masih banyak tempat untuk menangis
belilah berkilo-kilo bedak mahal, matikan bara api itu agar tubuh menjadi wangi
tiduri lelaki manapun yang kau suka, agar nafasmu tak tersengal
maka kau akan bangga pada cermin di hadapanmu


biodata ;
nien asmara
tegal, 24 agustus 1988
studi di universitas diponegoro jurusan ilmu komunikasi
lebih suka menyendiri dari pada kumpul-kumpul trus ngrasani
cita-citanya cuma pengen jadi bupati,hi,hi,hi......
''tetep semangat n selalu tersenyum" :)

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Free PDF Files