Jumat, 05 Desember 2008

JEDEDAN MACA PUISI TEGALAN JILID DUA


Hari Sastra Tegalan
Jed-jedan Maca Puisi Tegalan
Jilid Dua

PERAYAAN
Hari Sastra Tegalan (PHST) yang diusung Komunitas Sorlem di Semarang dan Surakarta (24-25/11) lalu direncakan akan digelar juga di Tegal pada Minggu (14/12) malam mendatang di Rumah Dinas Wakil Walikota Tegal. Hal itu dikatakan Ketua Penyelenggara PHST, Nurngudiono, Jumat (05/12).
“Penyelenggaraan Hari Sastra Tegal jilid dua ini didasarkan atas banyaknya telpon dan SMS masuk ke handphone saya, setelah dirembuk akhirnya kami sepakat untuk menggelarnya lagi,” ujar Nurungudiono yang diiyakan Dwi Ery Santoso.
Tujuan dari pergelaran seni ini, sebagai suatu langkah penegasan bahwa Hari Sastra Tegalan yang bertepatan pada tanggal 26 Nopember itu perlu dirayakan, mengingat Sastra Tegalan dewasa ini semakin menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan linguistik dan komunikasi antar lapisan masyarakat Tegal.
“Kehadiran Sastra Tegalan sudah tak bisa lagi dianggap remeh temeh. Keberadaan Sastra Tegalan telah menggoda, menerjang dan mendobrak sekat-sekat keangkuhan pemakai bahasa wetanan yang --pada tatanan tertentu-- dianggap paling adhiluhung. Padahal yang namanya bahasa itu tak ada yang lebih tinggi dan lebih rendah. Kedudukan bahasa itu sama fungsinya,” papar salah satu pemerhati budaya lokal Mas’udi Ach Jeparan.
Nurngudiono menambahkan, pegelaran PHST menjadi sebuah tonggak kebesaran bahasa lokal Tegal yang tak bisa diabaikan. Sastra Tegalan perlu hadir di tengah masyarakat Tegal agar mereka makin mencintai bahasa ‘ibu’-nya sendiri.
“I'tikad baik kami untuk menyelenggarakan kegiatan ini agar masyarakat Tegal lebih mengenal jati dirinya sebagai wong Tegal,” katanya.
Tiga anggota DPRD Kota Tegal yang sudah siap membaca puisi Tegalan diantaranya Tatang Suandi, Supardi dan Emma Karimah. Dari para seniman yang siap tampil baca puisi Tegalan yakni Diah Setyawati, Hamidah Abdurachman, Hartono Ch Surya, Tambari Gustam, Dwi Ery Santoso, Bontot Sukandar, Nurhidayat Poso, dan Nurngudiono lengkap dengan KMSWT-nya. Sementara untuk penampil monolog Waslam karya Moch Hadi Utomo dibawakan Bramanthi S Riyadi. Ada juga Hj Rosalina Ikmal yang bakal membacakan puisi tegalan karyanya bersama penampilan Walikota Kota Tegal Adi Winarso dan Wakil Walikota Maufur.
Diharapkan, acara ini kelak menjadi pegelaran seni spektakuler serupa acara Jèd-jèdan Maca Puisi Tegalan antara para seniman, pejabat, walikota/bupati Tegal, dan anggota DPRD Kota Tegal pada tanggal 31 Mei 2006 silam.

KETERANGAN GAMBAR : - Lukisan bulpoin 'Perayaan Hari Sastra Tegalan' 26 Nopember karya Lanang Setiawan.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Free PDF Files