Rabu, 31 Desember 2008

puisi Ratnawati

PEMBEBASAN
puisi : Ratnawati

seratus empat tahun yang lalu
saat aku berjihad demi buah hati
tiada lagi daya, Israil menjemputku
mengantarku gapai angan-angan tertinggi pembebasan
ya ! aku telah bebas !
bebas menyampaikan ide kepada Tuhan di sana
bebas memilih jalan pembebasan
bebas mempertanggungjawabkan kebebasan
tapi aku tak tahu kapan kaumku kan bebas pula
kemerdekaan perempuan tak boleh tidak akan datang juga;
pasti akan datang jua, hanyalah tiada dapat dipercepat
datangnya
cukuplah aku jika aku hanya pembuka jalan saja, orang
lainlah nanti yang akan meneruskan
pembebasanku ini
jalan pembebasan kaumku
penuh tanggung jawab
penuh cinta
penuh keyakinan
sabar dan tawaqal
jangan berduka cita! pembebasan telah datang
kami disini meminta, ya memohonkan, meminta dengan
sangatnya supaya diusahakan pengajaran dan pendidikan
anak-anak perempuan, bukanlah sekali-kali karena
kami hendak menjadikan anak-anak perempuan itu
saingan orang laki-laki dalam perjuangan hidup ini
melainkan kami, pendidik manusia yang pertama-tama
kami, para perempuan melahirkan generasi-generasi
garda bangsa
penentu arah peradaban nusantara

kaliwadas,sudut kamarku,april 2008

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Free PDF Files